Read Other Articles

Jepang Juara di Final Piala Asia 2011


Jepang menjadi tim tersukses di Asia setelah mengalahkan Australia 1-0 di final Piala Asia 2011 di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar, Sabtu 30 Januari 2011.

Jepang sebenarnya bermain sedikit di bawah tekanan
Australia sepanjang pertahanan. Namun, gemilangnya permainan kiper Eiji Kawashima yang menjadi man of the match di laga ini membuat peluang-peluang Australia menjadi sia-sia.

Gol kemenangan Jepang diciptakan striker pengganti Tadanari Lee pada menit ke-109. Pemain keturunan Korea Selatan itu mencetak gol melalui tendangan voli usai menerima umpan Yuto Nagatomo.

Kemenangan ini membuat Jepang menjadi tim tersukses di Asia dengan empat gelar. Sebelumnya tim Samurai Biru menjadi jawara Asia pada 1992, 2000 dan 2004. Sedangkan Australia gagal menjadi juara Piala Asia untuk kali pertama.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan babak pertama berjalan menarik. Kedua tim sama-sama menerapkan sepakbola menyerang, namun Australia lebih banyak mendapatkan peluang. Sayang kedua tim gagal membuahkan gol hingga jeda babak pertama.

Menit ke-24 sebuah sundulan Harry Kewell memanfaatkan umpan Tim Cahill masih mampu ditepis kiper Jepang Eiji Kawashima dengan gemilang. Tujuh menit kemudian giliran tendangan Kewell yang masih menyamping.

Di awal babak kedua tepatnya menit ke-48, Australia mengklaim bola hasil tendangan Kewell yang sempat mengenai mistar gawang sudah melewati garis dan gol. Namun, dalam tayangan ulang bola belum melewati garis gawang.

Peluang Jepang melalui tendangan Keisuke Honda pada menit ke-61 masih lemah dan dengan mudah diantisipasi kiper Mark Schwarzer. Lima menit kemudian giliran sundulan Shinji Okazaki yang melebar.

Kewell kembali mendapat peluang emas yang seharusnya bisa menjadi gol menit ke-72. Tinggal berhadapan dengan Kawashima, mantan pemain Liverpool itu melepaskan tendangan keras yang dengan gemilang diblok Kawashima dengan kaki.

Pertandingan harus berlanjut ke babak tambahan setelah kedua tim gagal mencetak gol hingga 90 menit waktu normal.

Striker pengganti Robbie Kruse yang masuk menit ke-103 menggantikan Kewell hampir menjadi pahlawan bagi Australia ketika sundulannya mengarah ke pojok kanan atas gawang Jepang. Lagi-lagi Kawashima melakukan penyelamatan gemilang.

Menit ke-109 justru Jepang yang membuat pertahanan Australia tercengang ketika striker pengganti Tadanari Lee mencetak gol kemenangan. Lee mencetak gol indah melalui tendangan voli usai menerima umpan Nagatomo.

Susunan Pemain

Australia: 1-M. Schwarzer; 2-L. Neill, 8-L. Wilkshire, 3-D. Carney, 6-S. Ognenovski; 10-H. Kewell (R Kruse, 103), 14-B. Holman (B. Emerton, 65'), 16-C. Valeri, 5-M. Jedinak, 17-M. McKay; 4-T. Cahill (N. Kilkenny, 113').

Jepang: 1-E. Kawashima; 4-Y. Konno, 6-A. Uchida (M. Inoha, 120'), 22-M. Yoshida, 5-Y. Nagatomo; 7-Y. End?,17-M. Hasebe, 14-J. Fujimoto (D. Iwamasa , 56'), 18-K. Honda; 9-S. Okazaki, 11-R. Maeda (Tadanari Lee, 98').

Source

Silahkan Baca Artikel Terkait Lainnya ^_^

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. ^_^ Terimakasih Telah Berkunjung.

0 komentar:

Dayas||Brothers


Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkunjung.
Blog ini Do Follow. Jadi jangan ragu untuk berkomentar. Jika mau Copy-Paste artikel boleh-boleh saja, tapi tolong sertakan sumber.
Terima Kasih ^_^_^_^