Read Other Articles

Trigger 3: Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)

Bagi temen-temen yang mau download filenya silahkan klik link dibawah:
DOC Trigger 1
PPT Trigger 1
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. Terimakasih. (Tutorial 20)

BAB 1
PENDAHULUAN

                “Dalam paradigma baru pendidikan Dokter Indonesia dinyatakan bahwa setiap pendidikan Kedokteran di Indonesia harus mengacu pada kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). KBK menampilkan berbagai area kompetensi, kompetensi inti, dan komponen kompetensi. Student Centre learning merupakan strategi pembelajaran yang fokusnya adalah competency based, individualized learning, self direct learning, problem based learning, experiential learning, task based learning, project based learning, patient based learning, evidence based learning, and discovery learning.”
                Menurut anda apa keuntungan dan kerugian bila membandingkan antara kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang dimulai sejak 2005, dengan kurikulum lama KIPDI I dan KIPDI II.




BAB 2
ISI

Step 1.Clarify Unfimiliar Term
(Klasifikasi kata-kata atau istilah yang belum dimengerti atau dipahami)

1.      Paradigma
Suatu model utama, pola atau metode yang digunakan dalam kedokteran.
2.      KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi)
Kurikulum Berbasis Kompetensi merupkan metode yang digunakan bertujuan untuk menghasilkan dokter yang mempunyai kemampuan dokter primer.
3.      Area Kompetensi
Ruang lingkup dalam pembelajaran kompetensi.
4.      Kompetensi Based
Pembelajaran berdasarkan kemampuan.
5.      Kompetensi Inti
Kemampuan utama
6.      Komponen Kompetensi
Perangkat atau unsur yang mewujudkan atau melaksanakan suatu kompetensi.
7.      Individualized Learning.
Pembelajaran mandiri
8.      Self Directed Learning
Mahasiswa diberi tanggung jawab untuk mengatur dan mengarahkan proses pembelajaran sendiri.
9.      Experiential Learning
Pembelajaran yang berdasarkan pada peristiwa dan pengalaman.
10.  Task Based Learning
Pembelajaran yang diberikan tugas atau trigger sebagai acuan awal
11.  Project Based Learning
Pembelajarang dengan perancangan untuk membahas masalah
12.  Patient Based Learning
Pembelajaran berdasarkan rekam medis status kesehatan pasien.
13.  Evidence Based Learning
Pembelajaran berdasarkan pada bukti dan kenyataan yang ada.
14.  Discovery Learning
Pembelajaran berdasarkan pada penemuan
15.  Kurikulum
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pembelajaran serta cara penyampaiannya dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kerja atas belajar mengajar.

16.  KIPDI 1
Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia – 1. Berlaku pada seluruh fakultas kedokteran di Indonesia periode 1983 – 1993, berlandaskan deklarasi Alma – Ata, dengan fokus menghasilkan dokter untuk menyelesaikan masalah kesehatan komunitas melalui PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat).

17.  KIPDI II
Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia – II. Berlaku pada seluruh fakultas kedokteran di Indonesia periode 1994 – 2005, berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang sangat cepat berkembang, dan diharapkan menghasilkan dokter yang berkemampuan IPTEK dan penekanan pada etika profesi.


Step 2. Define The Problem
Menentukan Masalah

1.      Mengapa KIPDI I  &  KIPDI II diganti dengan KIPDI III?
2.      Apa keuntungan KBK dan kerugian kurikulum lama sehingga digantikannya KIPDI I & KIPDI II dengan KIPDI III?
3.      Apa saja komponen kompetensi?


Step 3.  Brain Storming/Hipotesis /Explanation
Buat hipotesis atau jawaban sementera atau keterangan  ringkas melalui brainstroming.

1)      KIPDI I & KIPDI II diganti dengan KIPDI III, karena:
Ø  Telah dikeluarkannya kurikulum KBK berbasis kompetensi oleh DIKTI untuk dilaksanakan di semua fakultas kedokteran di Indonesia.
Ø  Hampir di seluruh dunia pendidikan kedokteran sedang berubah proses pembelajarannya kearah PBL.
Ø  PBL lebih cocok untuk tujuan pendidikan kedokteran.

2)      Keuntungan KBK:
Ø  Mahasiswa lebih aktif mencari informasi.
Ø  Mahasiswa mempunyai kemampuan dalam skill, pengalaman dan percaya diri mengaplikasikan ilmunya dalam pengobatan pasien.
Kerugian Kurikulum Lama :
Ø  Mahasiswa sangat bergantung pada dosen.
Ø  Kurang pengalaman.
Ø  Kurang motivasi untuk belajar mandiri.

3)      Komponen Kompetensi:
Ø  Kurikulum dan hasil.
Ø  Penilaian berbasis kelas.
Ø  Kegiatan belajar mengajar
Ø  Pengelolaan kurikulum berbasis sekolah.



STEP 4 : Arrange Explanation Into A Tentative Solution


Step 5. Learning Objective

1.      Mengerti dan memahami paradigma dalam pendidikan dokter.
2.      Mengerti dan memahami KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi).
3.      Memahami strategi pembelajaran yang berorientasi pada student centered learning


STEP 7. Share The Result or Explanation and Private Study

1.      Pengaruh aliran konstruktifis dalam proses belajar dan mengajar di pendidikan kedokteran membawa pengaruh paradigm pendidikan dokter, teacher centered kea rah student centered. Mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan peran dosen sebagai fasilitator. Mahasiswa akan mampu belajar untuk membangun pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berdasarkan pengetahuan baru, pengetahuan dan pengalaman dahulu atau sekarang. Dalam hal ini mahasiswa akan menemukan siklus belajar (learning cyrcle). Artinya mahasiswa nanti diharapkan akan memandang belajar itu bukan hanya mencapai tujuan pembelajaran saja, akantetapi mereka merasakan belajar itu sebuah proses bagaimana mereka belajar. Oleh karena itu dosen mengarahkan kegiatan belajar yang mendorong mahasiswa lebih aktif, berorientasi pada tujuan dan juga proses serta sesuai dengan siklus belajar.


2.      KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) merupakan kurikulum dalam dunia pendidikan di Indonesia yang mulai diterapkan sejak tahun 2004. Dalam kurikulum ini para siswa dikondisikan dalam system semester, dan siswa dituntut aktif mengembangkan keterampilan untuk meningkatkan dan menerapkan iptek tanpa meninggalkan kerjasama dan solidaritas, meski sesungguhnya antar mahasiswa saling berkompetisi. Sehingga guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan mahasiswa menjadi bersifat subjek serta setiap kegiatan yang dilakukan siswa dinilai.


3.      Strategi pembelajaran student centered learning
·         Competency based
·         Individualized learning
·         Self directed learning
·         Problem based lerning
·         Experiential learning
·         Task based learning
·         Project based learning
·         Patient based learning
·         Discovery learning



BAB 3
PENUTUP

Kesimpulan
    Kurikulum merupakan jantung dalam proses pendidikan, dimana kurikulum mempunyai kedudukan yang sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum berfungsi untuk mengarahkan segala bentuk aktifitas pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Paradigma sebagai sebuah istilah pandangan ilmiah dalam pemikiran filsuf, yang digambarkan sebagai model utama, pola atau metode.


DAFTAR PUSTAKA

Malik, Amirmuslim. 2011. Problem Based Learning. Padang:Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
Malik, Amirmuslim. 2011. Kurikulum Fakultas. Padang:Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
Boediono. 2002. Pengertian KBK. Jakarta : Kurikulum Pendidikan
Karim. 2002. Fungsi KBK. Tasikmalaya : Kurikulum KBK

Dent.JA, Harden RM, Editor.A. 2006. Practical Guide for Medical Teacher El.sevier Churchill Living Stone

http://www.wikipedia.org
http://pendidikandokter.blogspot.com



Bagi temen-temen yang mau download filenya silahkan klik link dibawah:
DOC Trigger 1
PPT Trigger 1
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. Terimakasih. (Tutorial 20)

Silahkan Baca Artikel Terkait Lainnya ^_^

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. ^_^ Terimakasih Telah Berkunjung.

6 komentar:

Anonim mengatakan... Reply

anak baiturahmah ya?

Dayas||Brothers mengatakan... Reply

@Anonim:Iy, d Baiturrahmah jg? smster brp?

Anonim mengatakan... Reply

Ijin sedoooot gan. :a4 :a4 :a4 :a4
:a9:a9:a9:a9:a9

Anonim mengatakan... Reply

KERENN Ganu dg art
saya terbantu dgan artikel ini.
salam kedokteran.

dari hendri
fak kedokteran univ. baiturrahmah angktan 2012

NPM 1210070100161

lolyta sucihara mengatakan... Reply

makasih uda infonyaa ^_^

bimbingan belajar mengatakan... Reply

semoga dengan kurikulum berbasis kompetensi ini siswa dan belajar dengan baik karena materi yang disusun sudah sangat baik sekali

Dayas||Brothers


Poskan Komentar

Terima kasih Telah Berkunjung.
Blog ini Do Follow. Jadi jangan ragu untuk berkomentar. Jika mau Copy-Paste artikel boleh-boleh saja, tapi tolong sertakan sumber.
Terima Kasih ^_^_^_^