- DOC Trigger 1
- PPT Trigger 1
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. Terimakasih. (Tutorial 20)
BAB I
PENDAHULUAN
“ FK-Unbrah pada periode tahun 2007/2008 ini mulai melaksanakan kurikulum baru yang disebut KBK ( Kurikulum Berbasis Kompetensi). Strategi pembelajarannya salah satunya menggunakan metoda PBL (Problem-Based Learning). Proses pembelajarannya dilakukan dengan grup kecil mahasiswa dan perkelompok 10-12 mahasiswa. FK-Unbrah menggunakan 7 step. Ditiap grup dipilih ketua dan sekretaris. Setiap diskusi kelompok akan dihadiri oleh seorang fasilitator. Baik fasilitator , ketua dan sekretaris grup punya tugas masing-masing.”
BAB II
ISI
Step 1.Clarify Unfimiliar Term
Mengklasifikasi kata-kata atau istilah yang belum dimengerti atau dipahami.
1. KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)
Suatu kurikulum pendidikan yang mengarah pada keaktifan mahasiswa, sehingga dapat dikatakan mahasiswa dituntut lebih aktif, baik dalam belajar, teori maupun praktek. Selain itu, KBK juga dapat dikatakan seperangkat pembelajaran yang penuh tanggung jawab dan berdasarkan pada tindakan cerdas dalam melaksanakan tugas-tugas dibidang kekerjaan masing-masing.
2. PBL (Problem Based Learning)
Proses pembelajaran yang dimulai dengan memberikan masalah-masalah dalam kehidupan nyata dan masalah ini mahasiswa dirangsang untuk mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka punya sebelum (pro-knowledge) sehingga knowledge ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru
3. Pleno
Diskusi besar seperti presentasi juga terdapat orang yang menanggapi atau mengkritik dan mempresentasi kan hasil diskusi
4. Fasilitator
Orang yang memantau dan membimbing dalam group tutorial dalam mengoptimalkan dan meningkatkan produktivitas hasil kerja diskusi kelompok.
Step 2. Define The Problem (Menentukan Masalah)
1. Apakah 7 langkah dalam PBL ?
2. Apakah tugas fasilitator ?
3. Apakah tugas ketua dari sekretaris ?
4. Bagaimana pola pembelajaran dalam metoda PBL ?
Step 3. Brain Storming/Hipotesis /Explanation
Buat hipotesis atau jawaban sementera atau keterangan ringkas melalui brainstroming
1) 7 langkah dalam PBL
Ø Klasifikasi masalah
Ø Indentifikasi masalah
Ø Mengungkapkan pandapat
Ø Membuat skema/sket dari suatu model yang bersifat menjelaskan
Ø Menerapkan tujuan
Ø Belajar mandiri
Ø Diskusi tentang materi yang telah dipelajari
2) Tugas fasilitator
Ø Membimbing mahasiswa dalam mendiskusikan/trigger
Ø Meluruskan jalannya diskusi dan memfasilitasi interksi dalam grup
Ø Memberiakn ide-ide utama agar mahasiswa tidak jauh dari pokok masalah
3) Tugas dari ketua dalam tutorial
Ø Memimpin jalannya diskusi
Ø Mampu mengatur urusan dalam setiap diskusi
Ø Membagi tugas-tugas kepada anggota secara adil dan merata tidak mendominasi seseoarang
4) Tugas sekretaris
Ø Menulis hasil diskusi pada whiteboard dan menyimpulkan hasil diskusi
Metode PBL
Metode PBL lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal berfikir kritis dan mampu memecahkan masalah (problem solving learning) sedang kuliah yang biasanya dilakukan secara konvesional diskusi dengan menggunakan kelompok kecil merupakan poin utama dan menetapkan PBL

Ø Diskusi kelompok
Ø Refleksi
Ø Riset
Ø Presentasi

Ø PBL chart who we know leaning issues what to seek information
Ø Trigger
Ø Relevan
Ø Menarik
Ø Menstimulasi diskusi
Di dalam grup tutorial jumlah grub antara 10-12 orang
Step4. Arrange explanation into a tentive solution
Menyusun berbagai penjelasan ke dalam bentuk solusi sementaradengan bentuk skema
Step 5. Learning Objective
1. Memahami dan mengerti tentang PBL
2. Mengerti tentang 7 step (langkah)
3. Apa maksud tentang setiap langkah dalam PBL dan apa yang di tulis di tulis dalam log book
4. Bagaimana menulis laporan DK I, DK II, dan laporan hasil untuk presentasi dalam pleno
5. Memahami tugas fasilitator , ketua, sekretaris, dan anggota.
STEP 7. Share The Result or Explanation and Private Study
1. Memahami dan menjelaskan tentang PBL
PBL merupakan suatu mode pembelajaran yang di dasarkan pada prinsip menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengehtahuan baru. yang mana karakteristiknya adalah sebagai berikut :
· Menghindari pembelajarn tendensi dan berpusat pada guru.
· Menciptakan pembelajaran interdisiplin, berpusat pada siswa dalam jangka waktu lama
· Terintegrasi denagan dunia nyata dan pengalaman praktis
· Mengajarkan mahasiswa untuk mampu menerapkan apa yang mereka pelajari di kampus dalam kehidupannya yang penting
· Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dan terjadi pada kelompok kecil
· Dosen berperan sebagai fisilitator atau pembimbing
· Informasi diperoleh lewat belajar mandiri
· Masalah diformulasikan untuk menfokuskan dan merangsang pembelajaran
PBL adalah suatu pembelajaran yang mengunakan masalah sebgai langkah awal dalam mengumpulkan pengetahuan baru
Sumber : www.intigadjahmada.edu/seminalpbi
7 step dalam PBL
· Step I : Clarify unfamiliar terms
Klasifikasi kata-kata atau istilah yang belum dimengerti atau dipahami
· Step II : Define the problems
Definisi apa yang menjadi masalah
· Step III : Brainstrom possible hypothesis or explanation
Buat hipotesis atau jawaban sementara/keterangan ringkasan melalui brainstroming
· Step IV: Arrange explanation into a tentative solution
Menyusun berbagai penjelasan ke dalam bentuk sosial sementara dalam bentuk skema
· Step V: Define learning objective
Mendefinisikan beberapa tujuan umum pembelajaran
· Step VI: gather information and private study
Kumpulkan berbagai sumber informasi dan belajar mandiri
· Step VII: share the result of information gathering and private study
Diskusikan bersama hasil dari berbagai sumber informasi yang didapat dari belajar mandiri
2. Memahami dan mampu menuliskan laporan di dalam log book.
Trigger yang diberikan kepada mahasiswa disalin terlebih dahulu didalam log book. Setelah itu buat 7 step atau langkah PBL. Pada DK I mahasiswa menyelesaikan step I-V, yang mana pada step VI mahasiswa dituntut untuk mencari informasi baik dari buku, internet, dan sumber pendukung lainnya. Sehingga mahasiswa dituntut belajar mandiri untuk memperdalam materi sesuai permasalahan trigger. Pada DK II mahasiswa menulis step VII. Isi dari step VII berasal dari kesepakatan diskusi kelompok berdasarkan Learning Objective (LO) yang telah dicari dari berbagai sumber pada step VI. Pada akhir step sumber yang didapatkan dari mahasiswa dicantumkan sebagai daftar pustaka, lalu ditandatangani oleh Pembimbing Akademik (PA).
3. Bagaimana Menulis Hasil Dk I, Dk II, Dan Laporan Hasil Untuk Presentasi Dalam Pleno
Laporan Dk I
Pada DK I,mahasiswa akan menyelesaikan 5 step (1-5) yang ditulis dalam log book dan belajar mandiri dilakukan pada step 6 sebagai persiapan untuk melakukan step 7 yang nantinya
9
akan berbagai informasi dari berbagai sumber yang didapatkan pada step 6
Laporan DK II
Dilakukan beberapa hari setelah DK I,melakukan diskusi untuk mendapatkan kesimpulan akhir dari learning objektif yang akan dituangkan dalam step 7
Laporan hasil untuk presentasi dalam pleno
Hasil-hasil yang telah diambil dari diskusi kelompok tersebut (dari step 1-7) dibuat dalam bentuk Microsoft word dan Microsoft power point lalu dipresentasikan dirapat pleno
4. Tugas Fasilitator, Ketua, Sekeretaris, & Anggota
Tugas Fasilitator:
1. Memfasilitasi diskusi dalam grup
2. Meluruskan jalannya diskusi dan memfasilitasi interaksi dalam grup yang berkaitan dengan kebutuhan grup
3. Memberikan pujian dan umpan balik bila suatu grup memperoleh hasil yang baik
4. Menghindari dominasi dalam diskusi
5. Membimbing diskusi dalam grup
Tugas ketua
1. Memimpin diskusi
2. Mengontrol tiap-tiap anggota dalam diskusi
3. Menjelaskan diskusi dalam pleno
4. Meminta anggota agar berpartisipasi dalam memberikan pendapat
Tugas sekretaris
1. Menulis hasil diskusi pada whiteboard
2. Membantu ketua dalam membuat presentasi
3. Mencatat inti-inti pembicaraan
Tugas anggota
1. Aktif dalam mengemukakan pendapat dalam diskusi
2. Menjaga kerjasama dalam menjalani diskusi
3. Menghargai pendapat teman yang lain
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
PBL adalah suatu metode pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan pengetahuan baru secara “Student Centered”. Kemudian hasil-hasilnya dibuat ke dalam log book dalam bentuk laporan menggunakan 7 step. Dalam tahap 7 step akan dilaksanmakan DK1 & DK 2 untuk mencapai kesimpulan.Di dalam PBL terdiri dari fasilitator,ketua,sekretaris dan anggota yang memiliki tugas masing – masing.kemudian hasil akhir diskusi akan ditampilkan di pleno dalam bentuk presentasi.
Daftar Pustaka
Malik, amirmuslim.2011.problem based learning.padang:fakultas kedokteran universitas baiturrahmah
www.intigadjahmada.edu/seminalpbi
Bagi temen-temen yang mau download filenya silahkan klik link dibawah:
- DOC Trigger 1
- PPT Trigger 1
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. Terimakasih. (Tutorial 20)
- DOC Trigger 1
- PPT Trigger 1
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. Terimakasih. (Tutorial 20)
Silahkan Baca Artikel Terkait Lainnya ^_^
- Trigger 1: Komunikasi Efektif
- Trigger 3: Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
- Trigger 1: Prosedur dan Pelaksanaan PBL
- Trigger 2: Keterampilan dan Sikap yang dapat dicapai mlalui PBL
Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. ^_^
Terimakasih Telah Berkunjung.
8 komentar:
Excellent post. I was checking constantly this
blog and I am impressed! Extremely useful information specifically the final
phase :) I deal with such information much. I used to be looking for this particular info
for a very lengthy time. Thank you and good luck.
Also visit my homepage ... kanapy z funkcją spania
Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog stand out.
Please let me know where you got your theme. Many thanks
my blog post kanapy z funkcja spania
Now I am going away to do my breakfast, after having my breakfast coming over
again to read further news.
My blog post: Bellagenix reviews
Greetings! Very helpful advice within this post! It's the little changes that make the biggest changes. Thanks for sharing!
My web site - http://www.youtube.com/watch?v=MN36K29q7_Q
Very good blog post. I certainly appreciate this site.
Continue the good work!
Here is my blog post losatta
Hi there! I know this is somewhat off topic but I was wondering if
you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form?
I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding one?
Thanks a lot!
Look into my page :: precious
What's up, for all time i used to check website posts here in the early hours in the morning, since i enjoy to learn more and more.
my web-site ... kallasvee ()
I've read several just right stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I surprise how much attempt you place to create any such wonderful informative website.
Visit my web site latexindex
Posting Komentar
Terima kasih Telah Berkunjung.
Blog ini Do Follow. Jadi jangan ragu untuk berkomentar. Jika mau Copy-Paste artikel boleh-boleh saja, tapi tolong sertakan sumber.
Terima Kasih ^_^_^_^