Read Other Articles

Trigger 2: Keterampilan dan Sikap yang dapat dicapai mlalui PBL

Bagi temen-temen yang mau download filenya silahkan klik link dibawah:
DOC Trigger 2
PPT Trigger 2
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. 
Terimakasih. (Tutorial 20)


BAB I
PENDAHULUAN
“Strategi pendidikan cara lama atau tradisional punya karakteristik : teacher center,subject based,department dan hospital based. Berbeda dengan strategi pembelajaran PBL bila dilaksanakan dengan baik dan optimal akan memberikan keterampilan-keterampilan khusus dan perubahan sikap termasuk terampil dalam penelususran kepustakaan,keterampilan membaca efektif,terampil membuat catatan pendek,terampil dalam kerjasama kelompok,keterampilan komunikasi,serta keterampilan berpikir analitis. Bandingkanlah cara pendidikan yang lama atau teacher center dengan metoda PBL ?
Didalam pelaksanaan PBL berbagai aktifitas diberikan penilaian termasuk penilaian terhadap proses PBL, penilaian terhadap Log Book dan penilaian terhadap proses pleno, disamping juga penilaian terhadap fasilitator.



BAB II
ISI
Step 1 : Clarify Unfamiliar Terms
Klarifikasi kata-kata atau istilah yang belum dimengerti atau dipahami.
 Karakteristik
ciri-ciri khusus yang dimiliki baik yang dimiliki individu,kelompok maupun organisasi dan metode
o  Teacher Centered
Metoda pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga mahasiswa menerima apa yang diajarkan tanpa meminta siswa untuk mandiri dan aktif.
 Subject based
Berdasarkan mata kuliah yang berorientasi pada mahasiswa, hal-hal yang mendasar
 Dapartment based
     Berdasarkan bagian tertentu
o  Hospital Based
Berdasarkan hasil klinis
 Membaca efektif
Membaca dengan cepat dan tepat dengan memehami inti-inti bacaan
 Berpikir analitis
Kemampuan berpikir untuk menganalisa,berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah
o Metode PBL
Langkah-langkah dan urutan-urutan pelaksanaan proses pembelajaran termasuk alat peraga ruang kelas atau apapun sumber daya lain yang digunakan.
 Log book
Catatan hasil diskusi (Dk I & Dk II)
 Pleno
Presentasi hasil diskusi (Dk I & Dk II) ,tanya jawab dan evaluasi oleh para pakar.
o   Penilaian kegiatan tutorial
Keaktifan mahasiswa
o   Penilaian kegiatan fasilitator
Kemampuan membimbing dan memfasilitasi kegiatan tutorial, serta perannya dalam PBL


Step 2 : define the problem
Defenisikan apa yang menjadi masalah.
a.       mengapa strategi pembelajaran di kedokteran perlu diubah?
b.      Apa perbedaan antara system PBL dan Konvensional?
c.       Bagaimana penilaian kegiatan tutorial, fasilatator, logbook, dan prosen pleno?


Step 3 : Brainstorming possible hypotesis or explanation
Buat hipotesis atau jawaban sementara atau keterangan ringkas melalui brainstroming.
a. untuk menghasilkan dokter yang berkualitas dan professional mencapai “Five Star Doctor”, sehingga diterapkan sistem KBK dengan metode PBL
b.
PBL
Konvensional
Student centered
Teacher centered
Problem based
Subject based
Integrated
Department based
Community based
Hospital based
Early critical exposure
Late critical exposure
Systematic
unsystematic

c.        1. Penilaian Kegiatan tutorial
-          Sikap
-          Keaktifan anggota
-          Kehadiran
-          Kemampuan komunikasi
-          Wawasan
-          Kedisiplianan dalam membuat laporan
-          Skill menerima pendapat
2. Fasilitator
             Untuk memfasilitasi dan membantu menyelesaikan masalah dalam log book serta mengupayakan mahasiswa berfikir kritis.

3.  Penilaian log book
-          Kelengkapan, kerapian log book
-          Keakuratan sumber informasi

4. Penilaian terhadap pleno
- Penguasaan materi
- Keaktifan peserta pleno
- Kemampuan presentasi


Step 4: arrange explanation into atentative solution


                  Step 5 : define learning object
Mampu membedakan system PBL dan Konvensional
mengetahui tata cara penilaian kegiatan tutorial, fasilitator, logbook, dan proses pleno
mengetahui keterampilan dan sikap yang dapat di cari melalui PBL



Step 7: Share the results of information gathering and private study
Diskusikan bersama-sama hasil dari berbagai sumber informasi yang didapat dari berbagai belajar mandiri.
1.                  Pembelajaran dengan metode konvensional adalah dosen lebih aktif, dosen yang menyiapkan materi, dosen yang menjelaskan seluruh materi kepada mahasiswa, mahasiswa hanya mendengarkan materi dari dosen, informasi hanya berasal dari dosen. Sedangkan metode PBL berfokus pada mahasiswa, dimana mahasiswa dalam metode PBL ini sangat berperan aktif dalam pembelajaran, mahasiswa tidak hanya merangkum materi berdasarkan hasil diskusi tetapi juga menguasai penyampaian materi.

2.      Penilaian logbook: dinilai oleh fasilitator dengan memperhatikan
-kelengkapan isi dari logbook
-ketepatan isi/kesesuaian isi dengan trigger
-kerapaian dan kebersihan logbook

Penilaian pleno: dinilai oleh dosen/para pakar
-mempresentasikan hasil diskusi dengan baik
-isi dari presentasi sesuai dengan trigger yang di berikan
-tampilan dari presentasi

Penilaian tutorial: dinilai oleh seluruh anggota kelompok dan fasilitator
-keaktifan anggota
-kemampuan komunikasi
-wawasan
-sikap
-kedisiplinan dalam membuat laporan
-skill menerima pendapat

Penilaian fasilitator: dinilai oleh mahasiswa dengan materi penilaian
-apakah fasilitator menguasai materi
-tepat waktu
-memberikan kuliah pendek
-adanya pembinaan

3. keterampilan dan sikap yang dapat di cari melalui PBL
- Keterampilan penelusuran kepustakaan.
-Keterampilan membaca.
-Keterampilan atau kebiasaan membuat catatan.
-Kemampuan kerja samadalam kelompok.
-Keterbukaan .
-Meningkatkan kemampuan berfikir analitik.
-Kemandirian dan keaktifan belajar.
-Mendapatkan skill atau kemampuan dalam hal menganalisa,mencerna serta menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks.
-Wawasan dan keterpaduan ilmu pengetahuan.
-Kecakapan berkomunikasi secara lisan dan tulisan.



BAB III
PENUTUP
Kesimpulan:
Metoda pembelajaran yang lebih efektif yaitu metoda PBL karena lebih berfokus kepada mahasiswa yang mana metoda ini mahasiswa memecahkan permasalahan yang didapat dan di bahas secara diskusi sehingga pengetahuan mahasiswa bertambah.
 

Daftar Pustaka:
http://philosophyofdoctor.blogspot.com/2010/10/v-behaviorurldefaultvml-o.html
Malik,Amirmuslim.2011.problem based learning.padang.Fakultas Kedokteran Baiturrahmah.
Kuliahpakar dr.Yasril Rivai

Bagi temen-temen yang mau download filenya silahkan klik link dibawah:
- DOC Trigger 2
- PPT Trigger 2
Mohon maaf jika isi tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu kami harapkan kritik & sarannya. Terimakasih

Silahkan Baca Artikel Terkait Lainnya ^_^

Jika menurut sobat artikel ini bermanfaat, silahkan vote ke Lintas Berita agar artikel ini bisa di baca oleh orang lain. ^_^ Terimakasih Telah Berkunjung.

2 komentar:

Anonim mengatakan... Reply

good job.. '-'

Dayas||Brothers mengatakan... Reply

@Anonim:Thanks :k4 :k4
terimakasih telah berkunjung :a4

Dayas||Brothers


Posting Komentar

Terima kasih Telah Berkunjung.
Blog ini Do Follow. Jadi jangan ragu untuk berkomentar. Jika mau Copy-Paste artikel boleh-boleh saja, tapi tolong sertakan sumber.
Terima Kasih ^_^_^_^